Selasa, 01 Desember 2015

lebih jauh mengenal sipilis

Sipilis

Apa itu?

Sifilis adalah infeksi bakteri yang menginfeksi penis (kontol), tenggorokan atau anus (gelandangan) dan kemudian menyebar ke berbagai bagian tubuh melalui aliran darah. Jika sifilis yang tidak diobati meninggalkan dapat menyebabkan kerusakan saraf, tulang, kulit, mata, dan otak.

Bagaimana Anda mendapatkannya?

Memiliki vagina, anal atau oral seks dapat menularkan sifilis. Hal ini juga dapat ditularkan melalui ass-play atau kontak langsung dengan luka atau lesi.

Apa saja gejala atau tanda-tanda?

Hal ini umum untuk gejala sifilis untuk pergi tanpa diketahui. Jika tidak diobati, sifilis berlangsung melalui tiga tahap, masing-masing memiliki gejala yang berbeda.

Tahap 1 (sifilis primer):
Sebuah sakit merah menyakitkan (chancre) dapat muncul pada penis Anda (kontol), bola, mulut, tenggorokan atau pantat yang berubah menjadi keropeng dan kemudian menyembuhkan. Ini biasanya muncul di tempat infeksi. Tahap ini mungkin muncul 10 sampai 90 hari setelah infeksi dan mungkin tidak diketahui. Jika tidak diobati sakit akan hilang setelah beberapa minggu, tetapi infeksi akan maju ke tahap 2.

Tahap 2 (sifilis sekunder):
Ruam mungkin muncul di telapak tangan Anda, telapak kaki Anda atau bagian lain dari tubuh Anda. Selain ruam, gejala tahap kedua dapat berupa demam, kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, rambut rontok tambal sulam, sakit kepala, kehilangan berat badan, nyeri otot dan sendi, dan kelelahan. Gejala-gejala ini dapat terjadi 2-6 bulan setelah setelah infeksi awal dan berlangsung selama enam bulan atau lebih. Biasanya setelah tahap sifilis ini menjadi laten (tidak ada gejala) untuk jangka waktu yang lama tapi akhirnya dapat berkembang menjadi tahap 3.
.
Tahap 3 (sifilis tersier):
Jika tidak diobati, sifilis tetap dalam tubuh Anda dan mungkin mulai merusak organ internal, termasuk otak, saraf, mata, jantung, pembuluh darah, hati, tulang, dan sendi. Dalam sekitar satu dari 10 orang yang tidak diobati, kerusakan internal ini muncul bertahun-tahun kemudian di tahap akhir atau tersier sifilis. Kerusakan ini mungkin cukup serius untuk menyebabkan kematian.

Meskipun seseorang mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi mereka masih mampu meneruskan sifilis.

Pengujian

Diagnosis adalah melalui tes darah tapi usapan juga dapat diambil jika ada luka. Bagi orang yang sangat aktif secara seksual dengan lebih dari satu pasangan, pengujian berkala (setiap tiga bulan) kini direkomendasikan.

Apakah bisa diobati?

Sifilis dapat diobati dengan suntikan tunggal penisilin pada tahap awal, atau dengan antibiotik di tahap-tahap selanjutnya. Sifilis dapat disembuhkan terutama jika didiagnosis pada tahap awal dan diobati dengan penisilin. Obat lainnya dapat digunakan jika seseorang alergi terhadap penisilin.

Bagaimana dapat dicegah?

Hanya wilayah yang dicakup oleh kondom, bendungan atau sarung tangan terlindungi dari infeksi. Menyentuh sakit atau ruam harus dihindari.

Sifilis & HIV

Sifilis adalah umum pada laki-laki gay HIV-positif. Bisa ada perbedaan yang signifikan dalam bagaimana sifilis penyakit berkembang pada orang dengan HIV. Bisa ada perkembangan yang cepat dari sifilis awal keterlibatan sistem saraf dalam hitungan bulan, bukan tahun atau dekade dibutuhkan pada orang HIV-negatif. Sistem saraf komplikasi dapat terjadi adalah tahap awal infeksi pada orang dengan HIV-tidak hanya tahap selanjutnya.

Koinfeksi dengan HIV dan sifilis juga dapat mengakibatkan timbulnya lebih cepat dari penyakit HIV dan AIDS. Hal ini dapat mengurangi jumlah CD4 (karena itu menyebabkan kerusakan pada sistem kekebalan tubuh) serta meningkatkan viral load dari orang HIV-positif. Hal ini terutama perhatian bagi orang-orang dengan jumlah CD4 yang rendah.

Ada juga kasus kegagalan pengobatan pada pasien dengan sifilis sekunder, yang semuanya HIV-positif. Orang dengan HIV juga dapat berkembang menjadi neurosifilis (infeksi otak) meskipun pengobatan standar. Jika Anda memiliki sifilis (awal atau laten) pemantauan hati-hati disarankan, sehingga kelainan apapun segera diobati.

Tes diagnostik untuk sifilis mungkin gagal lebih sering (memproduksi positif palsu dan negatif) pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang sangat terkuras. Namun, kegagalan ini masih diyakini terjadi jarang.

0 komentar:

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com obat sipilis